Friday, May 20, 2016

TIPS MENGHADAPI UJIAN



Menghadapi ujian memang bikin deg-deg an. Hati jadi harap-harap cemas. Apa yang harus dilakukan?? Gimana caranya biar ujian di sekolah maupun kuliah bisa dihadapi dengan baik? Gimana biar tidak terlalu stress? Caranya kurang lebih sebagai berikut:
A.    Jangka panjang
Waktu masih panjang sebelum ujian bukan berarti boleh menganggur, namun tetap persiapkan diri. Pilih cara belajar yang paling kamu sukai (sambil dengar music, belajar kelompok rame-rame, atau belajar di perpustakaan yang tenang.) ulangi dan dalami materi pelajaran. Tandai bagian-bagian yang sulit atau belum dipahami, tanyakan kepada orang lain, atau cari tahu dibuku atau internet.

B.     Membangun mental
Di samping persiapan teknis (belajar), kesiapan mental juga penting. Bangun mental juara, mental berjuang, tidak terhenti selama kesempatan masih ada. Apapun hasilnya nanti, yang terpenting usahamu harus maksimal. Berlatih dan berlatih, belajar keras dan cerdas. Cari secara kreatif, trik-trik atau cara praktis untuk menguasai sebuah materi pelajaran atau kuliah.

C.     Kesehatan
Apa hubungannya kesehatan dengan ujian? Rajin olahraga akan membantu mengurangi setres dan membangun mental, makan makanan sehat membantu stamina tubuh dalam belajar. Istirahat cukup membantu otak bekerja maksimal. Menjelang ujian biasanya setres semakin bertambah. Hadapi stress dengan menjaga kesehatan, mengaso cukup. Sebagai selingan, kamu juga bisa nonton film-film lucu gokil atau standup comedy.

D.    Mengelola waktu
Manajemen waktu berarti mengatur waktu sesuai semestinya. Waktu beribadah, belajar, bermain, berolahraga, ,membantu orang tua dll, selaraskan itu semua. Bila jadwal terasa amat padat, utamakan yang memang utama atau prioritas, tinggalkan yang kurang penting.

E.     Menjelang Ujian
Ketika waktu semakin mepet, cobalah review atau baca-baca lagi materi yang sudah dipelajari. Lakukan simulasi (soal-jawab sendiri di secarik kertas), seolah bab ini itu sedang ditanyakan dalam ujian dan apa jawaban kamu. Kalo perlu peragakan dan ucapkan didepan cermin.

F.     Semasa ujian
Hindari godaan untuk menjejal atau mengebut belajar. Belajarlah secukupnya, buku-buku dll. Cadangkan pikiran untuk mengerjakan soal-soal besok, ketimbang untuk suntuk berlarut membaca satu buku utuh. Bila merasa belum siap ujian, sementara materi masih banyak yang belum dipelajari, cukup focus pada pokok-pokoknya. Perkirakan materi mana yang akan muncul di ujian, dan mana yang kemungkinan tidak muncul (karena sudah pernah muncul di kuis harian dan ujian kemaren).

TIPS
-         Selain berusaha, berdoalah meminta yang terbaik, pasrahkan hasil ke Tuhan, tugas kita hanyalah beruisaha.
               - Doa dan ibadah juga membuat kamu tenang dan meredakan setres    
                  menghadapi ujian.

No comments:

Post a Comment