Tuesday, May 24, 2016

Perlukah hutang untuk berbisnis??




Sebelum saya membahas apakah bisnis itu butuh uang, mari kita bahas definisi hutang. Menurut kamus KBBI, hutang adalah uang yang dipinjam dari orang lain dan berkewajiban membayar kembali apa yang sudah diterima. Hutang itu secara garis besar ada dua macam. Yaitu hutang baik dan hutang buruk.

Hutang yang baik itu hutang yang tujuannya jelas, untuk apa  dan bagaimana , cara mengelola uang tersebut semakin menjadi bertambah banyak? Kalau kita bicara kalangan perbankan, kalau ada nasabah menanamkan  sejumlah uang kepada bank maka mereka akan mendapatkan imbalan berupa bunga deposito, akan tetapi,  bagaimana bank menyalurkan dana yang disimpannya untuk dikembangkan agar memperoleh keuntungan tertentu. Yaitu  dengan cara kredit kepada nasabahnya untuk dikembangkan lagi (untuk modal bisnis) . Dengan kredit itu bank akan mendapatkan sejumlah keuntungan selisih daripada bunga bank , diberikan kepada bunga deposito sedangkan selisihnya nya diberikan kepada bank.

Umumnya, bank kalau ingin meng kreditkan uangnya kepada nasabah, maka bank  akan mencari memilih para pengusaha-pengusaha produktif, yang baik, yang bermanfaat, yang kreatif, yang prospek dan bisa mengembangkan usahanya. Karena keuntungannya jelas dan untuk apanya jelas.

Akan tetapi, kalau hutang buruk, biasanya adalah mereka yang tidak punya pengalaman berbisnis tapi mereka berani mengajukan hutang, tetapi setelah mendapatkan hutang, mereka biingung dananya dipakai untuk apa dan bagaimana. Dan akhirnya, sering kali dananya terpakai untuk kebutuhan sehari hari (budaya komsumtif) dan menjadi tidak produktif.

Jadi hutang itu perlu tidak? Maka saya akan menjawab kembali “hutang yang bagaimana”. Kalau hutang itu tujuannya baik, maka saya menganjurkan untuk berhutang, itu tidak akan menjadi masalah. Karena kalau anda ingin memperbesar bisnis anda, anda akan cenderung mencari modal lebih besar lagi. Jadi, memimjam utang tapi untuk perputaran uang yang lebih jelas (produktif) dan supaya untuk exspansi bisnis anda adalah sah sah saja.  Akan tetapi hutang yang tujuannya belum jelas, masih bingung untuk apa dan bagaimana, saya tidak menyarankan anda untuk berhutang.

Jadi sebagai pengusaha yang baik, senior maupun pemula, maka, milikilah hutang yang baik, yaitu hutang untuk memperbesar bisnis anda.

Sekian Salam entrepeneur sukses….

No comments:

Post a Comment