Thursday, May 19, 2016

CARA MENJUAL YANG BAIK DAN BENAR



Dari jualan kerupuk sampai jualan rumah dan pesawat terbang, prinsipnya bisa dibilang sama saja. Gimana cara menjual yang baik dan benar?  Apa trik jitu dan efektif biar jualan kita bisa laku? Berikut penjelasannya.
1.      Layani
Jual beli bukan semata proses tukar barang/ jasa dengan uang. Pembeli tidak hanya mencari barang/ jasa, mereka (seluruh manusia) selalu mencari kenyamanan, khususnya berupa pelayanan yang baik. Produk biasa yang dibarengi pelayanan top bisa mengalahkan produk unggulan dengan pelayanan asal-asalan

2.      Pahami produk anda
Kenali luar dalam produk anda, bagaimana cara pembuatannya, kelebihan dan kekurangannya, apa manfaatnya bagi konsumen. Buktikan bahwa anda sendiri tertarik dan ingin menggunakan produk anda.

3.      Focus pada konsumen
Ketika menjual produk, jangan memikirkan bagaimana caranya uang di dompet konsumen berpindah ke tangan anda. Pikirkan secara tulus untuk membantu memecahkan masalah dan kebutuhannya dengan menawarkan produk pilihan anda.

4.      Beri jaminan
Semua orang menyukai keamanan dan kepastian, dan enggan menghadapi ketidakpastian. Pembeli menyukai kepastian berupa garansi, kompensasi keterlambatan, dan jaminan uang kembali.

5.      Waktu yang tepat
Ketika menawarkan produk, lihat-lihatlah situasi, bahkan acara tv pun mengenal ‘prime time” atau jam jam utama untuk beriklan ketika penonton sedang nyaman menonton tv mereka.

6.      Kreatif
Lihat sekeliling, apa yang tidak dilakukan oleh penjual lainnya? Cari cara unik yang berkesan dan memberi nilai tambah sedikit buat konsumen. Kostum seragam yang lucu, stiker plesetan, hadiah Cuma Cuma, atau kejutan lain yang akan membuat anda diingat di benak konsumen. Kreatif tidak harus mahal.

TIPS LAIN
Bila mungkin, tanyakan dan dengarkan kebutuhan konsumen sebelum berceramah tentang produk.
Perbedaan budaya masyarakat konsumen perlu diperhatikan penjual.
Perhatikan kecenderungan segmen konsumen: ada yang mementingkan harga murah dan ada yang mengutamakan mutu kualitas. Jual produk yang sesuai bagi mereka.

No comments:

Post a Comment