Monday, May 16, 2016

SALAH SIAPA SAYA TIDAK PUNYA UANG?



SALAH SIAPA SAYA TIDAK PUNYA UANG?
Banyak anak-anak muda selalu bertanya “mengapa saya tidak punya uang”? mengapa saya tidak bisa begini dan begitu??
Oke. Saya akan menceritakan salah satu kisah nyata, kurang lebih kisahnya seperti ini.
Ada seorang ayah punya dua anak laki laki kakak beradik. Ayah tersebut setiap harinya hanya pengangguran, dia seorang pemabuk, penjudi, sehingga pada akhirnya ia di cerai sama istrinya. Dan dia meninggalkan dua orang anak yang tumbuh besar di lingkungan ayah yang seperti itu. ayah tersebut tidak punya model yang baik kepada kedua orang anaknya. Singkat cerita dua puluh tahun kemudian, anda pasti akan berpikiran dua anak tersebut akan menjadi seperti ayahnya, mengikuti jejak ayahnya yang pemabuk dan bla bla bla… dan ternyata yang mengikuti jejak ayahnya hanya adik dari dua bersaudara tersebut, sedangkan kakaknya menjadi seorang milyader sukses. Suatu ketika adiknya di wawancara,,“kenapa anda menjadi seorang gelandangan?, tidak punya pekerjaan dan anda menjadi pemabuk?? Lalu sang adik tersebut menjawab “ini semua gara gara ayah, saya punya ayah yang pemabuk, saya punya ayah yang tidak punya pekerjaan, jadi apa yang dilakukan ayah saya tirukan, jadi ini semua salah ayah, ayah itu tidak bisa menjadi contoh yang baik, dan sayapun tidak punya model yang baik”
shobat entrepreneur..jawaban adik tersebut tidak salah, dan seolah-olah itu benar. Ingat shobat….setiap orang harus bertanggung jawab dengan hidupnya sendiri-sendiri.
Kemudian kakaknya tadi ditanya “mengapa anda menjadi seorang milyader, mengapa anda menjadi seorang yang kaya raya?” kakak tadi menjawab, “ini semua juga gara-gara ayah, karna ayah memberikan sebuah contoh pada saya, menjadi seorang gelandangan itu tidak enak,menjadi seorang pemabuk itu hidupnya tidak nyaman, bermabuk mabukan itu tidak akan mempunyai kehidupan sosial yang baik, dan akhirnya saya tidak mau punya kehidupan seperti itu”
sahabat preneur…apakah jawaban seorang kakak itu salah, ternyata juga ada benarnya. Tapi yang membedakan kakak beradik ini adalah respon. Bagaimana mereka merespon sebuah kejadian yang mana yang satu mengambil sisi positif dan yang satunya mengambil sisi negative…
Ingat kawan….didepan anda  itu ada dua batu yaitu batu sandungan dan mungkin bisa membuat anda terjatuh, tapi ingat juga kawan.. ada satu lagi batu loncatan dan membuat anda bisa melompat lebih tinggi ke arah yang lebih baik. Esensinya…apakah anda akan merespon kejadian sebagai batu sandungan atau sebaliknya sebagai batu loncatan??? Anda sendiri yang bisa menentukan, Anda sendiri yang memilih.
Kawan…dalam hidup pasti ada dua jenis batu tersebut. Anda mempunyai ayah yang sama, tapi anda melihat respon yang berbeda. Jadi, kalau anda sekarang ini belum sampai punya uang, itu bukan salah siapa-siapa. Tapi rubahlah respon anda. Kalau anda punya respon yang positif terhadap setiap masalah niscaya bukan salah siapa-siapa anda belum punya uang sampai sekarang ini, tapi tolong salahkan diri anda sendiri, karena diri anda yang menentukan respon hidup anda sendiri. Kalau anda bisa merespon positif setiap permasalahan yang ada, saya yakin anda akan menemukan jalan hidup yang lebih baik.
sukses untuk anda..salam berwirausaha…..

No comments:

Post a Comment