Thursday, May 19, 2016

TIPS MEMULAI PEMBICARAAN / OBROLAN

TIPS MEMULAI PEMBICARAAN / OBROLAN



1.      Jangan terlalu sadar diri
Menyadari kekurangan diri itu bisa baik, tapi adakalanya ketika sebaiknya tidak berpikir tentang diri kita, tapi melakukan sesuatu.

2.      Sikap positif
Terutama sama teman atau orang yang sudah kenal, katakana hal-hal positif secara tulus “wah , bajumu baru ya, corak batiknya bagus banget:

3.      Yang ringan-ringan saja.
Lagi ngantri dirumah sakit, tanyakan “sakit apa mas”, duduk di kereta api, tanyakan “mau kemana mbak??. Ngobrol tentang cuaca atau suasana juga bisav “wah rame banget ngantrinya ya”. Jangan yang berat berat (partai politik, atau perbedaan keyakinan dll)

4.      Tidak usah terlalu dipikir
Jangan terlalu memikirkan “waduh, aku bingung banget, mau ngomong apa ya” kalo aku Tanya gini gini nanti kelihatan aneh tidak ya” lakukan saja, salah salah sedikit juga tidak apa –apa, jangan menunggu sempurna.

5.      Buka diri anda
Ceritakan sedikit tentang diri anda, maka oranglain biasanya akan ikut terbuka juga berkisah tentang hidup mereka.

TIPS LAIN
Hal unik lucu, atau janggal yang terlihat di tempat sekitar juga bisa dijadikan bahan membuka obrolan, tapi hindari menghina atau merendahkan orang.
Kalo orang yang diajak bicara enggan menanggapi, ya sudahlah cuek saja, tidak perlu merasa diri tidak mampu mengobrol. Bisa jadi orang yang diajak bicara itu lagi galau, lagi sakit gigi, atau habis kena tilang dll.
Kalo memang merasa sangat sulit untuk memulai berkata, cobalah dengan bertanya / menanyakan sesuatu yang netral: arah jalan, jam berapa dll

No comments:

Post a Comment